Apa yang perlu dilakukan saat masa #dirumahaja?

Terkadang kalau kita sudah terlalu lama terbatasi ruang geraknya, kita akan merasakan titik jenuh, terutama bagi orang-orang yang seringkali aktif dan tidak bisa diam dalam waktu lama. Ia akan merasa bosan dengan ruang gerak yang terbatas, namun bagi orang-orang yang pendiam mungkin akan bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama dalam situasi seperti saat ini. Meskipun demikian setiap orang memiliki limit tertentu untuk bisa merasa jenuh dengan rutinitas yang terbatas, maka hal apa yang perlu dilakukan?

  1. Quality time

Mungkin ada beberapa yang merasa sangat terganggu dan terhambat dengan adanya situasi #dirumahaja, tapi tahukan kalian bahwa saat-saat seperti ini adalah saatnya untuk kita lebih memberikan kesempatan pada diri kita untuk beristirahat dan juga lebih memerhatikan kesahatan jasmani dan rohani kita.  Disaat seperti ini kita secara tidak langsung diberikan waktu untuk lebih memerhatikan diri kita sendiri setelah selama ini sibuk dengan kegiatan di luar, kita bisa memiliki lebih banyak waktu untuk “me time” atau “family time”. Bagi yang sudah berkeluarga maka dapat memiliki lebih banyak waktu untuk keluarganya dan menjalin komunikasi serta hubungan yang lebih baik lagi dengan anggota keluarga yang lain setelah selama ini sibuk dnegan kegiatan masing-masing. Mereka dapat menjaga hubungan kekeluargaannya, membangun hubungan yang sehat di dalam keluarga, membantu untuk bisa menjaga kesehatan perilaku dan juga emosional anak mereka, serta meningkatkan kesejahteraan keluarga bila ”family time” yang dilakukan dengan cara yang tepat (Family Time Practice Guide, 2019). Selain itu bagi yang belum berkeluarga, maka masa-masa sekarang adalah saatnya kita kembali memikirkan kesehatan dan kesejahteraan hidup kita, lakukan apa yang selama ini tidak bisa dilakukan namun tetap pada batasan tertertentu. This is time for love yourself and your love ones.

 2. Bicara dengan orang yang bisa memberi perasaan positif/ Be positive

Pada masa sekarang mungkin banyak orang-orang yang menyebarkan berita yang malah bisa membuat cemas atau kurang nyaman, oleh karena itu kita perlu untuk meluangkan waktu kita lebih banyak bergaul dengan orang-orang yang bisa memberi energi positif dan semangat, bukan yang menjatuhkan. Hal ini bisa dilakukan dengan media sosial seperti chat ataupun video call dikarenakan masa #physicaldistancing, bercerita dan bicara dengan orang yang membuat kita nyaman dan membawa aura positif. Kita perlu pintar memilah mana informasi yang membangun dan dibutuhkan dan mana informasi yang dapat menjatuhkan. Perlu adanya komunikasi yang efektif untuk bisa menjalin suatu hubungan agar bisa berjalan dengan baik (Talia, A.F., Lanham, H.J., McDaiel, R.R., etc, 2006). Keep smiling and be smart.

  1. Relaksasi

Bila diantara kalian ada yang merasa sudah terlalu jenuh dengan rutinitas yang terbatas, maka itu saatnya kalian take a break dan melakukan relaksasi diri. Hal ini akan sangat membantu untuk bisa menenangkan pemikiran dan juga otot-otot kita yang tegang karena rasa jenuh dan bosan yang dirasakan. Secara umum,  relaksasi melibatkan memusatkan perhatian pada sesuatu yang menenangkan dan meningkankan kesadaran akan tubuh kita (Kabir, S.M.S., 2017). Cara melakukan relaksasi ada berbagai macam cara, namun yang paling mudah yaitu dengan mencari posisi senyaman mungkin kemudian membiarkan diri kita untuk istirahat sejenak secara jasmani dan rohani, dengan menarik nafas panjang melalui hidung, tahan dan hembuskan lewat mulut, lakukan secara berulang sampai kalian merasa cukup tenang dan nyaman. Lagu-lagu relaksasi akan sangat membantu pada saat-saat seperti ini. Keep calm.

  1. Olahraga dan makan sehat serta teratur (konsisten)

Selain kesehatan psikis yang kita jaga pada saat bosan, kita juga perlu terus menjaga kesehatan raga kita. Hal ini juga perlu dilakukan agar tidak terlalu terfokus pada berita negatif yang tersebar di luaran sana, kita perlu fokus pada diri kita sendiri dan menjaga diri kita agar kita tetap sehat dan daya tahan tubuh kita bisa lebih kuat. Cukup lakukan olahraga ringan setiap harinya sampai berkeringat, banyak olahraga ringan yang dapat kita lakukan di dalam ruangan dan tidak perlu keluar, tetap jaga #socialdistancing ya.. Para ahli meyakini bahwa olahraga moderat mengurangi kadar hormon stres dan zat kimia lainnya itu menekan fungsi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan aktivitas inflamasi (Davis, I.S., & Arany, Zolt., 2014). mampu memasok oksigen untuk produksi energi, maka aktivitas Selain itu kita juga perlu memperbaiki dan menjaga pola makan agar tetap sehat. Stay healthy.

  1. Variasi kegiatan

Perlu adanya variasi kegiatan yang dilakukan terutama bagi orang-orang yang cukup aktif, lakukan hal-hal baru setiap harinya. Saat-saat inilah saatnya dimana kreatifitas kita perlu disalurkan maupun dikembangkan agar terus merasa fresh dan terhibur setiap harinya. Be Creative.

Bila kita bisa melihat suatu permasalahan dari sisi-sisi lainnya, maka banyak hal yang dapat kita lakukan dan dapat membantu kita untuk mengatasi kejenuhan yang kita rasakan.

Stay safe, healthy & positive!